Pengertian E-Commerce dan Contoh E-Commerce

E-Commerce, pernahkan Anda mendengar istilah ini? Tahukah Anda, apa yang dimaksud E-Commerce? Sebetulnya, istilah ini tergolong baru berkembang sekarang ini. Muncul sebagai akibat dari majunya teknologi informasi dan komunikasi. Meskipun begitu, mungkin masih ada di antara kita yang belum mengenal baik apa itu e-commerce. Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan uraian materi tentang pengertian e-commerce. Untuk membantu pemahaman Anda, kami juga akan menampilkan beberapa contoh dari e-commerce. Kami yakin, beberapa dari contoh e-commerce tersebut familiar ditelinga Anda, selamat membaca.

Pengertian E-Commerce dan Contoh E-Commerce
E-Commerce

Pengertian E-Commerce

E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce, yang secara singkat dapat didefinisikan sebagai mekanisme transaksi jual dan beli dengan menggunakan fasilitas internet sebagai media komunikasi. Dalam pengertian yang lain, e-commerce dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan usaha perdagangan yang sebagian atau seluruhnya menggunakan media internet sebagai media komunikasinya. Disebutkan sebagian atau seluruhnya karena kegiatan e-commerce sangat beragam. Ada yang menggunakan internet sebagai media kegiatan perdagangan mulai dari proses produksi, iklan, penjualan, pembayaran, pengiriman, dan pencatatan. Namun, ada juga yang hanya menggunakan internet sebagai media pada sebagian proses perdagangan.

E-Commerce digolongkan menjadi tiga jenis bisnis, yaitu Business to-Consumer (B2C), Consumer to Consumer (C2C), dan Business to Business (B2B).
  • Business to-Consumer (B2C): B2C adalah sebuah transaksi bisnis yang menjual barang atau jasa kepada individu.
  • Consumer to Consumer (C2C): C2C adalah ketika salah satu konsumen menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen lainnya melalui system elektronik.
  • Business to Business (B2B): B2B merupakan sebuah bisnis yang menjual barang/jasa kepada bisnis lain dengan menggunakan system elektronik.
E-commerce dapat dapat dipandang sebagai revolusi di bidang perdagangan. Keunggulan e-commerce adalah kemampuan bertransaksi kapan pun, diakses dari manapun, adanya jalur distribusi, dapat langsung melakukan pembelian, dan adanya penghematan biaya. Pembayaran terhadap transaksi perdagangan model e-commerce dapat dilakukan melalui banyak cara baik secara konvensional (kartu kredit, transfer antarrekening bank), maupun secara online (bitcoin, e-money, online banking, e-gold).

Contoh E-Commerce

Contoh E-Commerce yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah transaksi jual beli menggunakan situs jual beli online. Beberapa situs yang cukup terkenal dari luar negeri sebut saja amazon.com dan alibaba.com. Sedangkan, dari dalam negeri beberapa diantaranya yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, bukalapak.com, tokopedia.com, dan olx.co.id.

Sekian uraian tentang Pengertian E-Commerce dan Contoh E-Commerce, semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.