Pengertian Latar: Apa itu Latar?

Pengertian Latar: Apa itu Latar? - Latar adalah unsur intrinsik dalam suatu karya sastra mengenai ruang, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa dalam karya sastra tersebut. Pada umumnya, latar merupakan pengambilan tempat dan ruang kejadian yang digambarkan oleh pengarang. Fungsi latar adalah untuk memberikan gambaran secara jelas sehingga tercipta suasana yang seolah sungguh-sungguh ada tentang terjadinya suatu peristiwa. Latar juga berfungsi untuk memudahkan pembaca membayangkan hal-hal yang diuraikan dalam karya sastra. Penggambaran latar yang tepat akan menjadikan cerita lebih kuat dan hidup. Tanpa latar, pembaca akan mendapatkan kesukaran dalam membayangkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam cerita. 

Pengertian Latar: Apa itu Latar?

Pengertian Latar: Apa itu Latar?
Pengertian Latar
Latar dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu latar geografis, latar waktu, dan latar sosial.

Latar Geografis

Latar geografis adalah hal-hal yang berkaitan dengan tempat kejadian dalam cerita. Latar geografis sering berkait dengan warna lokal sebab menyangkut adat- istiadat, tradisi, budaya, dan bahasa yang digunakan.

Latar Waktu

Latar waktu adalah waktu terjadinya cerita atau hal-hal yang berkaitan dengan masalah-masalah historis.

Latar Sosial

Latar sosial adalah latar yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Latar sosial dapat juga diartikan sebagai penggambaran tingkah laku, tata krama, adat-istiadat, dan pandangan hidup tokoh dalam cerita.

Sekian uraian tentang Pengertian Latar: Apa itu Latar?, semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.