Pengertian, Komposisi, Manfaat Gas Alam

Pengertian, Komposisi, Manfaat Gas Alam - Apa itu gas alam? Apa komposisinya? dan apa manfaatnya? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan kita jawab melalui artikel ini. Gas alam adalah bahan bakar fosil berbentuk gas. Gas alam merupakan campuran hidrokarbon yang mempunyai daya kembang besar, daya tekan tinggi, berat jenis spesifik yang rendah dan secara alamiah terdapat dalam bentuk gas. Pada umumnya, gas alam terkumpul di bawah tanah dengan berbagai macam komposisi yang terdapat dalam kandungan minyak bumi (associated gas). Semua kandungan minyak bumi berkaitan dengan gas alam, di mana gas itu larut dalam minyak mentah dan seringkali membentuk “cungkup gas” (gas cap) di atas kandungan minyak bumi tersebut. Selain itu, gas alam juga dapat berkumpul pada tambang batu bara dan ladang gas bumi.

Pengertian, Komposisi, Manfaat Gas Alam

Pengertian, Komposisi, Manfaat Gas Alam
Gas Alam (Natural Gas)

Komposisi Gas Alam

Komposisi utama gas alam adalah metana (80%), sisanya adalah etana (7%), propana (6%), dan butana (4%), isobotana, dan sisanya pentana.  Selain komposis-komposisi tersebut, gas alam dapat juga mengandung helium, nitrogen, karbon dioksida, dan karbon-karbon lainnya. Gas alam tidak berbau, namun untuk mengetahui adanya kebocoran ditambahkan zat yang berbau tidak sedap sehingga kebocoran dalam langsung terdeteksi. Untuk memudahkan pengangkutan (transportasi), gas alam dicairkan sehingga disebut gas alam cair atau LNG (Liquified Natural Gas).

Manfaat Gas Alam

Manfaat gas alam yang paling utama adalah sebagai sumber energi, yaitu sebagai bahan bakar untuk rumah tangga (LPG) dan industri. Selain itu, gas alam juga digunakan sebagai bahan baku industri dan produksi gas hidrogen.

Sekian uraian tentang Pengertian, Komposisi, Manfaat Gas Alam, semoga bermanfaat. 

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.