Pengertian Hub dan Fungsi Hub

Pengertian Hub dan Fungsi Hub - Apa itu Hub? Apa fungsinya? Hub adalah perangkat yang menjadi pusat komunikasi pada sistem jaringan komputer. Hub berbentuk sebuah kotak kecil dan berfungsi sebagai titik pusat koneksi untuk pengkabelan sebuah jaringan. Untuk keperluan itu, hub dilengkapi banyak port yang memungkinkan komputer bergabung menjadi satu jaringan yang berfungsi untuk menerima sinyal dari satu komputer dan mentransfernya ke komputer lain. Ketika sebuah komputer mentransmisikan informasi ke jaringan, informasi berjalan melewati kartu interface jaringan komputer dan kabel ke hub tersebut. Pada hub, sejumlah salinan dibuat, sebuah salinan untuk setiap komputer yang terhubung ke hub tersebut. Setelah salinan-salinan dibuat, sebuah salinan akan dikirim ke setiap komputer pada jaringan. 

Pengertian Hub dan Fungsi Hub

Pengertian Hub dan Fungsi Hub
Gambar: Hub pada jaringan komputer
Hub terdiri dari dua jenis, yaitu hub aktif dan hub pasif.

Hub Aktif

Hub aktif adalah hub yang menggunakan catu daya untuk memerkuat sinyal dan sangat efektif untuk menangani keterbatasan panjang segmen jaringan.

Hub Pasif

Hub pasif adalah hub yang tidak menggunakan catu daya sehingga praktis hanya berupa sambungan fisik dan koneksi elektris. Hub pasif memiliki kelemahan dalam hal keterbatasan jarak yang bisa dijangkau jaringan.

Sekian uraian tentang Pengertian Hub dan Fungsi Hub, semoga bermanfaat. 

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.