Pengertian Hacker dan Jenis Hacker

Pengertian Hacker dan Jenis Hacker - Hacker adalah seseorang yang memiliki keahlian berkenaan sistem komputer dan pemrograman. Istilah hacker sendiri mengalami perkembangan pengertian dan definisi. Kata “hacker” mulai muncul di akhir tahun 1950-an, merujuk pada para programmer mahir. Kemudian di tahun 1970-an, istilah hacker digunakan untuk menggambarkan para revolusioner komputer yang menjadi cikal-bakal para pendiri perusahaan komputer. Akhir tahun 1980-an, kata hacker identik dengan pembajakan video game dengan menghilangkan proteksi dan menjualnya. Dan saat ini banyak yang mengartikan negatif bahwa hacker adalah seseorang yang menerobos sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak akses, menghapus file, atau mengacaukan sistem komputer.

Pengertian Hacker dan Jenis Hacker

Pengertian Hacker dan Jenis Hacker
Pengertian Hacker dan Jenis Hacker

Pengertian negatif dari hacker di atas tidaklah sepenuhnya benar, meskipun memang ada jenis hacker yang aksinya melakukan hal-hal demikian. Hacker jenis ini sering disebut sebagai cracker. Banyak hacker yang aktivitasnya adalah mengamankan sistem komputer agar tidak mudah disusupi oleh program-program jahat. Agar kita tidak terlalu menganggap negatif istilah hacker, ada baiknya kita mengenal beberapa jenis hacker yang ada saat ini.

Jenis Jenis Hacker

Hacker dikelompokkan ke dalam lima jenis, berikut ini pembagiannya berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan:

White Hat Hacker

White hat hacker adalah hacker yang memegang teguh standar etika, akses ke sistem komputer dilakukan bukan untuk tujuan yang merugikan, tetapi untuk menguji ketahanan sistem tersebut. Jadi, hacker jenis ini senang mempelajari sistem, bahkan banyak dari mereka yang disewa sebagai konsultan keamanan. White hat hacker inilah adalah hacker yang sebenarnya.

Black Hat Hacker

Black Hat Hacker adalah jenis hacker yang aktivitasnya menerobos sistem keamanan komputer untuk melakukan kerusakan, seperti: menghapus file, pencurian identitas, penipuan kartu kredit, dan berbagi aktvitas merugikan lainnya. Hacker jenis ini disebut juga sebagai cracker. 

Grey Hat Hacker

Grey Hat Hacker adalah orang yang menganut standar etika ganda dalam aktivitas hackingnya. Sekali waktu mungkin hacker ini menjunjung etika hacker, namun di waktu yang lain aktivitasnya melanggar batas-batas hukum. Jadi, kelompok ini berada di antara white hat hacker dan black hat hacker.

Script Kiddie Hacker

Script Kiddie Hacker adalah orang yang tidak mahir dengan sistem komputer, namun orang ini mampu menerobos sistem komputer dengan menggunakan software atau tools yang dibuat orang lain.

Hacktivist Hacker

Hacktivist Hacker adalah jenis hacker yang menggunakan kemampuannya untuk menyebarkan pesan–pesan tertentu (politik, agama, ideologi, dll). Mereka melakukan website deface untuk menampilkan pesan mereka di website korban.

Sekian uraian tentang Pengertian Hacker dan Jenis Hacker, semoga bermanfaat. 

Referensi:
  • Sulianta, Feri. 2009. Teknik Mengoptimalkan Password. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.