Pengertian dan Jenis Air Tanah

Air tanah adalah air yang terdapat atau tersimpan dalam lapisan tanah dan batuan. Lapisan di dalam bumi yang mudah membawa atau dilewati air disebut lapisan pembawa/penghantar air (akuifer). Air tanah mengisi lapisan tanah karena proses infiltrasi dan proses perkolasi. Proses infiltrasi adalah gerakan meresapnya air ke dalam tanah melalui pori-pori tanah, sedangkan proses perkolasi adalah gerakan air yang meresap ke dalam tanah melalui celah batuan hingga menjadi jenuh. Air tanah berasal dari air hujan yang meresap ke dalam bumi dan dapat keluar ke permukaan bumi dalam bentuk mata air atau resapan. Ilmu yang mempelajari persebaran dan pergerakan air tanah disebut hidrogeologi atau hidrologi air tanah.

Pengertian dan Jenis Air Tanah
Penampang Air Bawah Tanah

Jenis Jenis Air Tanah

Jenis jenis air tanah berdasarkan asal usulnya, air tanah dapat dibedakan menjadi tiga macam air berikut.
  1. Air meteorit atau air vados, yaitu air tanah yang berasal dan air hujan yang meresap ke dalam tanah.
  2. Air yuvenil, yaitu air tanah yang berasal dari air magmatik (air yang berasal dari magma) atau air vulkanis.
  3. Air fosil atau air connate, yaitu air tanah yang terjebak pada pori-pori batuan pada saat batuan tersebut terbentuk. Air tanah dapat berasal dari air tawar atau air laut dan bermineral tinggi.
Jenis jenis air tanah berdasarkan letaknya, air tanah dapat dibedakan menjadi dua macam air berikut.
  1. Air tanah dangkal atau air preatis, yaitu air tanah yang terdapat di atas lapisan tanah yang kedap air dan dekat dengan permukaan bumi. Contohnya, air sumut
  2. Air tanah dalam, yaitu air tanah yang terdapat pada lapisan di antara dua lapisan tanah yang kedap air. Contohnya, sumber air artesis yang airnya berasal dari air dalam tanah.
Sekian uraian tentang Pengertian dan Jenis Air Tanah, semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.