Pengertian + Komponen Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari dengan giat, tanpa mengalami kelelahan berarti. Dalam pengertian yang lain, kebugaran jasmani adalah derajat kesehatan dinamis yang mampu mendukung kegiatan-kegiatan sehari-hari yang bersifat produktif atau reaktif. Kebugaran jasmani erat kaitannya dengan kemampuan tubuh untuk beradaptasi terhadap pembebanan fisik dalam melakukan pekerjaan dan aktivitas. Setiap individu dapat saja mempunyai aktivitas yang berbeda-beda, olehnya itu kebugaran jasmani yang dibutuhkan setiap individu untuk beraktivitas atau melakukan pekerjaan tidak sama, disesuaikan dengan gerak atau pekerjaan yang dilakukan. 

pengertian kebugaran jasmani
Pengertian Kebugaran Jasmani
Kebugaran jasmani diklasifikasikan menjadi dua, yaitu kesegaran jasmani dan kebugaran jasmani. Kesegaran jasmani berhubungan dengan kesehatan (health related fitness), sedangkan kebugaran jasmani berhubungan dengan keterampilan gerak (skill related fitness). Berkaitan dengan kebugaran jasmani, terdapat beberapa komponen kebugaran yang menjadi tolak ukur apakah seseorang itu kebugaran jasmaninya baik. Komponen kebugaran jasmani inilah yang harus selalu dilatih dan dikembangkan. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga. Hal ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kondisi fisik. 

Berikut beberapa komponen kebugaran jasmani yang dimaksud, antara lain sebagai berikut:
  • Kecepatan (speed): yaitu kemampuan tubuh untuk melakukan gerak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
  • Kelincahan (agility): yaitu kemampuan seseorang untuk mengubah posisi dan arah secepat mungkin sesuai dengan situasi yang dihadapi dan dikehendaki.
  • Daya tahan (endurance): yaitu kemampuan seseorang untuk melawan kelelahan yang timbul saat menjalankan aktivitas dalam waktu yang relatif lama.
  • Daya ledak (power): yaitu hasil dari kekuatan dan kecepatan.
  • Koordinasi (coordination): yaitu kemampuan tubuh untuk melakukan koordinasi dengan baik ketika melakukan aktivitas tertentu.
  • Ketepatan (accuracy): yaitu kemampuan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat.
  • Reaksi (reaction: yaitu kemampuan tubuh untuk menjawab rangsangan secepat mungkin untuk mencapai hasil yang sebaik-baiknya.
  • Kelentukan (flexibility): yaitu kemampuan untuk menggerakkan sendi, menekuk, meregang dan memuntir.
  • Keseimbangan (balance): yaitu, kemampuan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan sewaktu bekerja.
  • Kekuatan (strength): yaitu kemampuan tubuh untuk menerima beban sewaktu bekerja.
Sekian uraian tentang Pengertian + Komponen Kebugaran Jasmani, semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.