3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru | Pernahkah Anda membuat makalah? Sebuah makalah yang baik, pasti memuat bagian kata pengantar. Apa itu kata pengatar? Kata pengantar adalah kata-kata yang terangkai menjadi kalimat sebagai pengatar makalah. Kata pengantar berfungsi sebagai surat pengantar kepada pembaca yang isinya berbagai hal mengenai makalah yang telah dibuat. Sebuah kata pengantar dapat juga dipandang sebagai “surat pribadi” si penulis makalah dalam mempertanggungjawabkan makalahnya kepada pembaca, bagaimana kesulitan dalam penggarapannya, dan bagaimana si penulis makalah dapat mengatasi kesulitan itu. 

Kata pengantar yang baik haruslah memuat unsur-unsur yang diperlukan dalam menulis sebuah kata pengantar. Unsur-unsur tersebut, yaitu:
  • Ucapan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa
  • Tujuan penulisan makalah
  • Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu penulisan makalah, 
  • Harapan, tempat, tanggal, dan nama penulis makalah.
Berikut ini kami berikan kepada Anda 3 contoh kata pengantar makalah terbaru yang bisa menjadi inspirasi bagi pembuat makalah yang ingin melengkapi bagian kata pengantarnya:

Contoh kata pengantar makalah 1:
KATA PENGANTAR

Mengawali setiap ucapan adalah merupakan suatu kewajiban setiap insan manakala memulai dengan ucapan syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Dengan judul "Reformasi Sosial Budaya Kearah Demokrasi Anti - KKN Melalui Pengembangan Manajemen Pendidikan".

Ucapan terima kasih yang tulus penulis sampaikan pula kepada Bapak Kepala SMA Neg. 2 Bantaeng dan rekan-rekan guru serta staf Tata Usaha atas dorongannya untuk mengkaji judul tersebut guna dijadikan sebagai salah satu bahan bacaan di perpustakaan SMA Neg. 2 Bantaeng.

Selanjutnya penulis menyadari bahwa dengan keterbatasan  pengetahuan yang dimiliki oleh penulis sehingga penulis mengharapkan saran dari para pembaca guna lebih memperbaiki pada masa mendatang.

Akhirnya semoga tulisan ini dapat bermanfaat kepada kita semua.
Billahi Taufiq Walhidayah.
Bantaeng, 17 Januari 2015
 Penulis
Drs. Zaenuddin Kabai, M.Pd

Contoh Kata Pengantar Makalah
Contoh Kata Pengantar Makalah
Contoh kata pengantar makalah 2:
KATA PENGANTAR

Tiada kata paling indah bagi penulis adalah dengan mengawali ucapan syukur kehadirat Ilahi rabbi. Karena dengan RahmatNya sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Begitupula Salam dan Taslim kepada Rasulullah SAW. Selanjutnya ucapan terima kasih kepada saudara-saudari yang dengan sengaja meluangkan waktunya tanpa pamrih guna membantu dalam penyelesaian makalah ini.

Dalam makalah ini, penulis mencoba mengungkap beberapa faktor yang berpengaruh dalam mencapai kesuksesan belajar siswa pada SMA Neg. 1 Uluere.

Penulis menyadari bahwa, hanya orang yang tidak pernah berbuatlah yang tidak pernah bersalah, kendatipun bukan berarti bahwa perbuatan itu adalah identik dengan kesalahan. Begitu pula makalah ini, bukan berarti bahwa penulis sengaja berbuat untuk dikoleksi akan tetapi, demi pengembangan masa datang. Kritik dan saran pembaca adalah merupakan suatu idaman penulis. Karena penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah terwujud sebagaimana dengan makalah lainnya.

Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi penulis sendiri.
Billahi Taufiq Wal Hidayah
Bantaeng, 16 Januari 2015
Penulis
Drs. Zaenuddin Kabai, M.Pd
Contoh kata pengantar makalah 3:
KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nyalah, sehingga makalah yang berjudul tentang “Upaya Pembentukan Antibodi pada Manusia melalui Vaksinasi” dapat terselesaikan dengan sebaik-baiknya. Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Penulisan makalah ini berisi tentang teori-teori mengenai antibodi pada manusia, dampak kekurangan dan kelebihan antibodi serta upaya dalam mencegah dan membentuk antibodi pada manusia.
Penulis sangat berterimakasih kepada guru pembimbing penulis yaitu Rosmini SPd selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang telah banyak memberi arahan dan bimbingan kepada penulis serta teman-teman yang telah banyak membantu penulis dari awal hingga terselesainya penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran kepada setiap pembaca demi penyempurnaan penulisan makalah selanjutnya.
Penulis berharap agar penulisan makalah ini dapat memberikan manfaat kepada setiap pembaca. 
Bantaeng,   Maret  2012


Penulis


Sekian uraian tentang 3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru, semoga bermanfaat. 

Popular posts from this blog

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.