Pengertian Manajemen Menurut Ahli

Pengertian Manajemen Menurut Ahli | Manajemen merupakan sebuah proses dalam merencanakan, mengorganisasikan, dan mengawasi suatu usaha anggota dalam suatu organisasi. Manajemen secara etimologi berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang memiliki arti yaitu seni mengatur dan melaksanakan, kemudian punya kesamaan makna dengan maneggio yang berasal dari bahasa italia yang artinya mengendalikan kuda. Dalam mengartikan manajemen memang belum ada pengertian baku tentang manajemen yang berlaku universal, pengertian manajemen masih ditinjau dari segi prosesnya.

Pengertian Manajemen Menurut Ahli

Adapun pengertian manajemen secara umum dapat dipandang sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang proses dalam memperoleh tujuan dari organisasi dengan cara tindakan bersama atau sumber milik organisasi. Pengertian manajemen secara umum memiliki 3 karakteristik diantaranya:

1. Manajemen merupakan suatu proses yang memiliki aktivitas secara berhubungan dan berkelanjutan
2. Berkonsentrasi dan melibatkan segala hal dalam mendapatkan tujuan organisasi.
3. Memperoleh hasil lewat kerjasama dari sejumlah orang dan mampu memanfaatkan segala sumber yang dimiliki suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Berdasarkan 3 ciri diatas, maka kita dapat menjabarkan fungsinya dimana fungsi manajemen terbagi atas 4 bagian dan semuanya menjadi dasar dalam manajemen.

1. Perencanaan
Perencanaan dapat melibatkan segala urusan dalam memilih tugas yang mana yang mesti dilakukan sebagai upaya dalam mempertahankan tujuan dari organisasi dan mampu menjelaskan bagaimana tugas tersebut harus dilakukan dan memberikan tanda mengenai kapan tugas tersebut harus dilaksanakan. Dalam melakukan sebuah perencanaan sebaiknya berfokus pada tujuan dimana ketika perencanaan tersebut fokus terhadap tujuan maka yakin dan percaya akan muncul kesuksesan pada organisasi yang akan didapatkan dalam jangka waktu yang pendek dan panjang.

2. Pengorganisasian.
Mengorganisasikan sangat perlu dilakukan dalam sebuah kinerja organisasi agar dapat memberikan tindakan langsung setelah perencanaan yang diberikan setiap grup atau individu di dalam organisasi agar mekanisme rencana dapat berjalan dengan baik.

3. Pengaruh
Memberikan sebuah motivasi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan agar arah organisasi dapat terarah dengan baik untuk mencapai target yang jelas, motivasi ini dilakukan oleh pemimpin dimana pemimpin tersebut mesti memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus.

4. Pengendalian
Mengendalikan adalah tugas para manajer dimana para manajer dapat mengumpulkan semua informasi tentang ukuran penampilan, dapat memilah kondisi yang mana masa lalu dan masa kini, dapat menentukan tindakan selanjutnya lewat perencanaan dan jika perlu melakukan perubahan agar tercipta kondisi yang diharapkan.

Dari penjabaran diatas tentang pengertian manajemen, kemudian didukung oleh beberapa pengertian manajemen menurut ahli, berikut pengertian manajemen menurut ahli:

Pengertian manajemen menurut G.R. Terry merupakan sebuah kerangka kerja atau proses yang melibatkan pengarahan atau bimbingan suatu kelompok untuk mengarah pada tujuan organisasi dengan tindakan yang nyata.

Pengertian manajemen menurut Hilman merupakan sebuah fungsi dalam mencapai sesuatu lewat perilaku orang lain dan selalu mengawasi tindakan-tinakan individu dalam mencapai tujuan yang sama.

Pengertian Manajemen menurut W. Griffin merupakan suatu proses perencanaan, mengorganisasikan, mengordinasikan dan mengontrol segala sumber daya yang dimiliki untuk mencapai sasaran dengan efisien dan efektif.

Pengertian Manajemen menurut William H. Newman merupakan fungsi yang senantiasa saling berhubungan dalam memperoleh hasil lewat orang lain.

Pengertian Manajemen menurut Renville Siagian merupakan usaha yang memiliki jasa pelayanan dan dapat dikelola oleh para ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Pengertian Manajemen menurut Prof. Eiji Ogawa merupakan sebuah proses merencanakan, menginflementasikan dan mengendalikan banyak kegiatan termasuk sistem pembuatan suatu barang dengan dilakukan oleh usaha organisasi yang telah memiliki sasaran dengan kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi sekitar.

Pengertian Manajemen menurut Federick Winslow Taylor merupakan suatu percobaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh agar dapat menghadapi segala persoalan yang muncul dalam pimpinan organisasi atau sistem kerjasama manusia antara jiwa dan sikap seseorang dengan menggunakan alat.

Pengertian Manajemen menurut Henry Fayol merupakan suatu proses merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan segala sumber daya manusia dan mengadakan berupa pengendalian sebuah tindakan untuk mencapai tujuan.
Pengertian Manajemen Menurut Ahli

Demikianlah informasi tentang pengertian manajemen menurut ahli | Semoga artikel tentang pengertian manajemen menurut ahli dapat bermanfaat bagi kita semua.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.