Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli | Globalisasi berasal dari kata globe yang artinya “dunia”. Kemudian Secara harfiah, pengertian globalisasi dapat diartikan sebagai proses yang mendunia. Membahas tentang globalisasi tentunya memiliki berbagai macam pengertian globalisasi menurut ahli. Berikut ini ada beberapa pengertian globalisasi menurut ahli.

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

Pengertian Globalisasi merupakan suatu proses  yang memiliki hubungan dengan kondisi sosial dan memiliki ketergantungan antar yang lain berupa antara individu manusia dan antarnegara yang ada di dunia pada skala yang besar. 

Pengertian Globalisasi adalah suatu proses di mana terdapat berbagai keputusan, peristiwa, dan kegiatan yang ada di belahan dunia yang satu dan dapat membawa konsekuensi yang penting bagi berbagai masyarakat dan individu di belahan dunia yang lainnya (A.G. McGrew, 1992). 

Pengertian Globalisasi merupakan istilah yang banyak digunakan dalam menjelaskan berupa perubahan-perubahan yang terdapat di masyarakat dan di perekonomian dunia yang disebabkan karena adanya peningkatan perdagangan dan pertukaran kebudayaan (Wikipedia Encyclopedia). 

Pengertian Globalisasi dapat ditafsirkan sebagai peningkatan terhadap ketergantungan diwilayah ekonomi antara negara di dunia karena meningkatnya dan beragamnya jumlah pertukaran barang dan jasa lintas negara dan terjadinya  penyebaran teknologi yang cepat dan meluas ( IMF, World Economic Outlook).  Sehingga ini menunjukkan bahwa Globalisasi ternyata mengacu pada proses-proses berupa lintas perdagangan, informasi, dan budaya yang semakin bergerak melintasi batas Negara

Pengertian Globalisasi menurut Thomas L. Friedman adalah terbagi atas dua dimensi yaitu dimensi teknologi dan dimensi ideologi dimana dimensi ideologi berupa pahaman kapitalisme dan berorientasi pada pasar bebas, dan dimensi teknologi berorientasi pada pertukaran informasi antar negara sehingga memudahkan dalam melakukan penyatuan dunia.

Pengertian Globalisasi Menurut Malcom Waters adalah suatu proses sosial yang mengakibatkan bahwa adanya pembatasan geografis atau pembatasan wilayah negara tidak menjadi penghambat atau tidak penting lagi dalam menjalin sosial budaya, globalisasi seakan-akan berada dalam kesadaran setiap orang.

Pengertian Globalisasi menurut Emanuel Ritcher adalah suatu jaringan kerja global yang berfungsi dalam menyatukan masyarakat agar terjadi sebuah ketergantungan antar yang lainnya sehingga terjadi persatuan dunia.

Pengertian Globalisasi menurut Anthony Giddens adalah suatu intensifikasi proses hubungan sosial yang ada di seluruh dunia yang dapat menghubungkan daerah yang begitu jauh dan dapat menginformasikan kejadian lokal kemudian membentuk peristiwa yang berada bermil-mil jauhnya dan sebaliknya.

Pengertian globalisasi menurut marti albrown adalah suatu proses dimana seluruh penduduk dunia akan terhubung dalam sebuah komunitas tunggal dan komunitas global.

Seringkali beberapa orang memiliki pandangan bahwa globalisasi hanyalah merupakan fenomena ekonomi. Dari pengertian-pengertian di atas, tentunya memberikan kejelasan bahwa globalisasi itu memiliki sifat multidimensi. Pemahaman tentang globalisasi sebagai fenomena ekonomi sebenarnya tidak benar. Globalisasi merupakan fenomena yang sangat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh adanya faktor budaya, politik, sosial, ekonomi, dan bidang-bidang yang ada dikehidupan kita. faktor ekonomi merupakan bagian dari globalisasi yang tak terpisahkan dan sangat mudah dideteksi gejala-gejalanya. 

gejala globalisasi di bidang ekonomi yaitu munculnya kesepakatan perdagangan secara bebas dan munculnya perusahaan yang bersifat multinasional dan transnasional. Perusahaan- perusahaan itu dapat beroperasi melintasi antar negara, yang kemudian dapat mempengaruhi proses produksi global dan penyebaran tenaga kerja secara internasional.
Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

Namun demikian, globalisasi tidak hanya fenomena ekonomi akan tetapi Globalisasi merasuki segala bidang di kehidupan kita. Proses globalisasi akan senantiasa mengarahkan kita kepada kenyataan bahwa kita hidup hanya satu dunia. Dalam globalisasi akan membuat individu, kelompok, dan antarnegara semakin saling tergantung.

Demikianlah pengertian globalisasi | Mudah-mudahan artikel tentang pengertian globalisasi dapat bermanfaat bagi kita semua. Adapun penyebab dan dampak globalisasi dapat anda baca untuk menambah wawasan anda tentang globalisasi

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.