Arti Komunikasi Menurut Para Ahli

Arti Komunikasi Menurut Para Ahli | Pengertian komunikasi, komunikasi merupakan suatu proses pada seseorang, beberapa orang, kelompok dan organisasi, masyarakat menciptakan serta menggunakan informasi secara berhubungan dengan orang lain dan lingkungan. Umumnya, komunikasi dapat dilakukan secara nonverbal atau bahasa isyarat tubuh dan komunikasi secara verbal atau menggunakan lisan, dari kedua cara berkomunikasi diatas dimana yang paling mudah dimengerti dalam berkomunikasi yaitu komunikasi verbal atau komunikasi lisan. Tentunya, ada banyak ahli yang mencoba merumuskan pengertian komunikasi, berikut arti komunikasi menurut para ahli:

Arti Komunikasi Menurut Para Ahli

Arti Komunikasi Menurut Para Ahli


Pengertian komunikasi menurut Uchjana Effendi, mengartikan komunikasi merupakan suatu proses menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain untuk memberitahukan, pendapat, mengubah sikap atau perilaku, dimana baik lisan atau langsung atau tidak langsung melalui media.

Pengertian Komunikasi menurut Harold Lasswell, mengartikan komunikasi merupakan proses menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan cara apa? kepada siapa? apa akibat atau hasilnya?. Analisis 5 unsur komunikasi menurut lasswell:
1. Siapa atau sumber, sumber atau siapa merupakan pelaku utama atau pihak yang butuh berkomunikasi atau memulai komunikasi, hal itu bisa terjadi dari seseorang, individu, organisasi, kelompok dan negara.

2. Apa pesannya, pesan yang disampaikan untuk penerima dari sumber atau isi informasi merupakan suatu perangkat simbol nonverbal atau verbal yang telah mewakili sebuah nilai, perasaan, maksud sumber atau gagasan, sehingga dapat dikatakan ada 3 pesan dalam komunikasi yaitu makna, simbol untuk makna dan bentuk pesan.

3. Saluran apa atau cara apa?, untuk menyampaikan pesan tentunya menggunakan media atau alat sehingga tentunya dalam berkomunikasi penting kiranya untuk menggunakan media yang mendukung seperti apa bentuk pesan yang ingin disampaikan.

4. Untuk siapa atau penerima, dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan dimana yang diperhatikan untuk siapa kita berkomunikasi agar dapat komunikasi berjalan lancar, kita mesti mengetahui untuk siapa pesan yang ingin disampaikan.

5. Apa dampaknya pesan? Ada berbagai dampak yang ditimbulkan dalam komunikasi dimana penerima pesan dari sumber dapat melakukan perubahan sikap atau bertambahnya pengetahuaan dan lain-lain.

Pengertian komunikasi menurut Carl I. Hovland, mengartikan komunikasi merupakan suatu proses pada seseorang atau individu dengan memberikan stimula lewat lambang bahasa baik nonverbal maupun verbal dengan niat untuk mengubah tingkah laku penerima pesan.

Pengertian komunikasi menurut Theodorson dan Thedorson, mengartikan komunikasi merupakan suatu proses penyebaran informasi berupa ide, sikap atau emosi kepada seseorang lewat simbol-simbol.

Pengertian komunikasi Edwin Emery, mengartikan komunikasi merupakan sebuah seni dalam menyampaikan informasi, sikap dan ide kepada orang lain.

Pengertian komunkasi menurut Handoko, mengartikan komunikasi merupakan sebuah proses dalam memindahkan pengertian dalam suatu gagasan atau berupa informasi dari sumber ke penerima. Perpindahan informasi dapat disalurkan lebih dari kata-kata yang digunakan dalam berbicara, akan tetapi dapat disampaikan lewat isyarat wajah, titik putus vokal, intonasi dan sebagainya. Dan penyampaian pesan yang efektif diperlukan bukan hanya transmisi data akan tetapi dapat mengirimkan berita dan menerimanya sangat tergantung pada keterampilan tertentu seperti menulis, mendengar, berbicara, membaca dan lain-lain agar informasi dapat bertukar dengan sukses.

Demikianlah informasi mengenai Arti Komunikasi Menurut Para Ahli | Semoga artikel tentang Arti Komunikasi Menurut Para Ahli dapat bermanfaat bagi kita semua.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.