Organel Organel Sel

Organel Organel Sel | Organel sel adalah komponen yang ditemukan di dalam sel dan dipandang sebagai organ intern yang secara metabolik aktif melakukan fungsi spesifik penting. Semua sel (hewan dan tumbuhan) memiliki organel sel, meskipun terdapat perbedaan antara organel sel hewan dan organel sel tumbuhan. Sebagian besar organel sel diselubungi oleh lapisan membran dengan struktur yang sama dengan lapisan membran sel. Setiap organel-organel sel memiliki fungsi masing-masing, tetapi memiliki hubungan saling keterkaitan satu dengan yang lain. Saling keterkaitan itulah yang membuat seluruh fungsi sel dapat berjalan secara sempurna.

Organel Organel Sel
Organel Organel Sel
Berikut ini Organel-organel yang terdapat dalam sel beserta masing-masing penjelasannya:
  • Ribosom: Organel sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein
  • Lisosom: Di dalam organel sel ini terdapat enzim yang berfungsi untuk mencernakan bahan makanan yang masu ke dalam sel
  • Retikulum Endoplasma (RE): Terdiri atas RE halus dan RE kasar. Pada RE kasar terdapat ribosom di dinding sebelah luar membran. RE halus berperan dalam berbagai proses metabolisme, misalnya sintesis lemak, metabolisme karbohidrat, dan detoksifikasi racun.
  • Badan Golgi: Organel sel yang mempunyai fungsi yang berhubungan dengan RE. Badan golgi terdiri atas dua sisi, salah satu sisinya berfungsi menerima kantong transport yang dihasilkan RE. Sisi yang lain berfungsi mengeluarkan substansi yang tertinggal dalam RE dan dikemas dalam kantong transport yang merupakan produk terakhir.
  • Badan Mikro (peroksisom): Organel sel ini banyak mengandung enzim oksidase dan katalase yang terdapat pada sel-sel hati.
  • Vakuola: Berisi cairan yang mengandung bahan makanan. Pada sel tumbuhan vakuola berukuran besar, sedangkan pada sel hewan kecil.
  • Mitokondria: Merupakan tempat terjadinya proses respirasi seluler yang mengubah energi kimia dari makanan menjadi molekul pembakar seluler yang disebut ATP.
  • Mikrotubulus: Berfungsi membentuk dan menopang sel serta memberikan ruang bagi organel untuk bergerak.
  • Plastida: Organel sel ini hanya terdapat pada sel tumbuhan. Terdiri atas plastid yang berwarna dan plastid tidak berwarna (leukoplas). Contoh plastid berwarna adalah kloroplas dan kromoplas. Contoh leukoplas ialah leukomiloplas, elaioplas, dan proteinoplas.
  • Sentriol: Hanya terdapat pada sel hewan dan terletak di dekat inti sel. Sentriol dikelilingi oleh mikrotubulus yang tersusun radial ke arah luar dan susunannya seperti bintang.
Sekian uraian tentang Organel Organel Sel, semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.