Bagian Bagian Otak Manusia

Bagian Bagian Otak Manusia | Otak adalah bagian terbesar dan paling rumit di antara komponen sistem saraf, salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting, alat tubuh terbesar dari tubuh, dan beratnya lebih kurang satu per lima puluh kali berat badan. Otak merupakan pusat pengatur segala kegiatan manusia. Otak berada di dalam tempat kosong dalam tengkorak. Otak terbagi menjadi beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Bagian-bagian otak manusia ini dibedakan menjadi otak besar, otak kecil, dan otak tengah. Setiap bagian yang berbeda ini masing-masing terkait satu dengan yang lain. 

Bagian Bagian Otak Manusia
Bagian Bagian Otak Manusia
Berikut ini penjelasan tiap bagian otak tersebut:
  • Otak besar (cerebrum). Otak besar memiliki permukaan yang berlipat-lipat. Otak besar merupakan pusat pengaturan ingatan, kecerdasan, kesadaran, dan keinginan. Otak besar merupakan sumber dari semua kegiatan atau gerakan yang kita sadari (sesuai dengan kehendak kita). Otak besar terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian belakang, bagian samping, bagian depan, dan bagian tengah. Otak bagian belakang berperan sebagai pusat penglihatan. Bila bagian ini rusak, seseorang akan mengalami kebutaan, meskipun matanya secara umum normal. Otak di bagian samping yang terletak di sebelah atas telinga berperan sebagai pusat pendengaran. Kerusakan di bagian ini dapat mengakibatkan tuli. Otak bagan depan berperan sebagai pusat gerakan otot. Otak bagian tengah (antara bagian belakang dan depan) berperan sebagai pusat dalam perkembangan kecerdasan dan ingatan. Kerusakan bagian ini mengakibatkan hilangnya daya ingat (afasia). Otak besar memiliki dua lapisan, yaitu lapisan tipis di bagian luar (korteks) dan lapisan tebal di bagian dalam (medula). Korteks berwarna kelabu dan berisi badan sel saraf, sedangkan medulla berwarna putih berisi dendrit dan akson. Bagian korteks dan otak besar berperan datam proses belajar, menyimpan ingatan. kecerdasan, membuat suatu kesimpulan, dan berkaitan dengan belajar bahasa.
  • Otak kecil (cerebellum). Otak kecil berfungsi mengkoordinasikan gerakan otot yang disadari dan pusat keseimbangan serta posisi tubuh. Adanya koordinasi menyebabkan organ-organ tubuh saling berhubungan secara teratur dalam melakukan suatu gerakan tubuh. Terjadinya kerusakan atau gangguan pada otak kecil akan mengakibatkan semua gerakan otot tidak dapat dikoordinasikan. Otak kecil terdiri dari dua bagian, yaitu lobus kiri dan lobus kanan. Keduanya dihubungkan oleh suatu penghubung yang disebut jembatan varol. Jembatan varol juga menghubungkan otak besar dan sumsum tulang belakang. Seperti halnya otak besar, bagian luar otak kecil berwarna kelabu dan bagian dalam berwarna putih.
  • Otak tengah (mesencephalon). Otak tengah terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Bagian atas otak tengah merupakan pusat refleks mata dan pusat pendengaran. Di depan otak tengah terdapat talamus dan hipotalamus. Talamus merupakan stasiun pemancar bagi rangsangan-rangsangan yang mencapai korteks dan bagian otak yang lain dan saraf tulang belakang. Hipotalamus merupakan pusat pengaturan suhu tubuh, lapar (selera makan), dan keseimbangan cairan tubuh.
Sekian uraian tentang Bagian Bagian Otak Manusia, semoga bermanfaat. 

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.