Pengertian HIV AIDS

Pengertian HIV AIDS | AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome, suatu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit HIV AIDS diduga sudah ada sejak lama, tetapi baru dilaporkan kejadiannya pada tahun 1981 di Amerika Serikat. Penyebab penyakit HIV AIDS adalah virus HIV (Human Immune Deficiency Virus). Virus HIV yang masuk ke dalam tubuh penderita akan mengakibatkan lumpuhnya sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, penderita HIV AIDS akan mudah terinfeksi oleh kuman yang pada orang sehat virus tersebut tidak menimbulkan penyakit.

Pengertian HIV AIDS
Pengertian HIV AIDS
Penularan penyakit HIV AIDS dapat terjadi melalui transfusi darah, hubungan kelamin, dan jarum suntik yang telah terkontaminasi virus HIV. Selain itu, penderita HIV AIDS dapat menularkan penyakit tersebut kepada bayinya baik selama dalam kandungan maupun selama masa menyusui. Hingga saat ini tidak terbukti bahwa penyakit HIV AIDS dapat menular melalui makanan, minuman, air di kolam renang, dan udara. Opini yang menyatakan bahwa serangga berperan dalam penularan penyakit HIV AIDS belum dapat dibuktikan.

Penyakit HIV AIDS adalah penyakit sangat berbahaya dan hingga sekarang belum ditemukan obat yang efektif untuk menyembuhkannya. Beberapa macam obat yang telah diujicobakan untuk membunuh virus tersebut, ternyata dapat merusak sel atau jaringan tubuh penderita yang diobati. Beberapa macam obat penyakit HIV AIDS yang sedang diteliti di antaranya DDI (Dedioxynosine) dan AZT (Azidothymidine) yang berfungsi menghambat perkembangan virus HIV. Obat-obat tersebut diharapkan dapat memperpanjang hidup penderita.

Pencegahan penyakit/penanggulangan penyakit HIV AIDS yang telah dilakukan, antara lain melalui:
  • Penyuluhan tentang penyakit HIV AIDS dan bahaya yang ditimbulkan.
  • Peningkatan hidup sehat, menjauhi kebiasaan yang berkaitan dengan penularan penyakit HIV AIDS.
  • Mewajibkan penderita melaporkan diri apabila timbul gejala-gejala HIV AIDS.
Sekian uraian tentang Pengertian HIV AIDS, semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.