Mitosis: Apa itu Mitosis?

Mitosis: Apa itu Mitosis? | Mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan sel-sel anak dengan sifat seperti sel induknya. Pembelahan mitosis hanya menghasilkan dua sel anak dengan inti yang mengandung jumlah kromosom sama dengan induknya. Jika sel induk yang melakukan pembelahan mengandung kromosom diploid (2n), maka sel anakan yang dihasilkan dari pembelahan mitosis adalah dua sel anakan yang juga diploid (2n). Jadi, dalam peristiwa mitosis tidak terjadi pengurangan jumlah kromosom. Proses pembelahan mitosis ini terjadi pada pembelahan sel-sel tubuh (sel soma) untuk menambah jumlah sel (pertumbuhan), tetapi tidak terjadi pada sel kelamin (sel gamet).

Mitosis: Apa itu Mitosis?
Proses Pembelahan Mitosis
Berikut ini selengkapnya penjelasan tentang tahapan pembelahan sel dalam mitosis:
  • Interfase: Interfase adalah tahapan sel yang aktif melakukan proses metabolisme sehingga terjadi peningkatan volume dan massa serta sitoplasma. Keadaan ini menyebabkan ketidakseimbangan yang mendorong sel untuk melakukan pembelahan. Walaupun tidak sepenuhnya tepat, beberapa orang menyebutnya fase istirahat.
  • Profase: Profase adalah tahapan pertama mitosis atau tahap persiapan. Dinding inti sel mulai menghilang. Kromosom bereplikasi dengan menebal dan memanjang membentuk sepasang kromatid.
  • Metafase: Metafase adalah tahapan yang mudah dikenali dengan timbulnya gelendong-gelendong pembelahan yang meluas sampai kutub sel dan kromatid berjajar sepanjang ekuatorial.
  • Anafase: Anafase adalah tahap pemisahan pasangan kromatid. Masing-masing kromatid bergerak ke arah kutub yang berlawanan melalui gelendong pembelahan. Kromatid tertarik bagian tengahnya, sedangkan bagian ujungnya bebas menghadap ke ekuator.
  • Telofase: Telofase merupakan kebalikan dari profase. Kromatid menuju ke kutub dan inti sel timbul kembali. Dinding inti terbentuk dan pada ekuator terbentuk sekat sel. Akhirnya, terbentuklah dua sel baru.
Sekian uraian tentang Mitosis: Apa itu Mitosis?, semoga bermanfaat. 

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.