Pengertian Sel dan Sejarah Penemuannya

Pengertian Sel dan Sejarah Penemuannya | Sel adalah unit terkecil penyusun makhluk hidup, pengertian ini baik struktural maupun fungsional. A.G. Hoewy dan Siekevitz (1963) menyatakan pengertian sel bahwa sel adalah unit aktivitas biologis yang dibatasi oleh membran semipermeabel dan mampu bereproduksi sendiri pada suatu media yang bebas dari sistem kehidupan lain. Berdasarkan jumlah sel, makhluk hidup digolongkan menjadi makhluk hidup uniseluler (bersel tunggal) dan makhluk hidup multiselular (bersel banyak). Berdasarkan keadaan inti sel, sel dibedakan menjadi sel prokariotik (intisel tidak mempunyai membran) dan sel eukariotik (inti sel dibatasi oleh membran). Pada sel eukariotik, bagian sel dapat dibedakan menjadi; dinding sel, membran sel, nukleus, sitoplasma.

Gambar: Struktur Sel
Sejarah penemuan sel diawali pada tahun 1665, ketika seorang ilmuwan Inggris, Robert Hooke mengamati sayatan gabus di bawah mikroskop sederhana. Ia menemukan ruang-ruang kecil yang dipisahkan oleh suatu dinding. Selanjutnya, ia menamakan ruang-ruang tersebut sebagai "sel". Dua ratus tahun kemudian, tahun 1835, ilmuwan perancis Felix Dujardin meneliti bahwa sel-sel tersebut tersusun atas substansi berupa cairan disebut protplasma. Istilah protoplasma pertama kali dikemukakan oleh Johannes Purkinje. Tiga tahun kemudian, Matthias Schleiden, ahli botani jerman melakukan pengamatan mikroskopis terhadapat tumbuhan dan ditemukanlah sel.

Pada tahun yang sama, Theodor Schwann, ahli zoologi Jerman menemukan bahwa hewan pun tersusun atas sel. Kesimpulan dari hasil penemuan Schleiden dan Schwann adalah sel merupakan dasar semua makhluk hidup. Rudolf Virchow berpendapat bahwa setiap sel berasal dari sebelumnya. Ukuran sel pada setiap organisme hidup memiliki ukuran relatif sama. Perbedaan ukuran tubuh organisme bukan disebabkan oleh perbedaan ukuran sel, melainkan oleh jumlah sel yang dimiliki oleh individu yang bersangkutan.

Sekian uraian tentang Pengertian Sel dan Sejarah Penemuannya, semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.