Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Menurut para Ahli

Model pembelajaran  kooperatif merupakan salah satu jenis strategi pembelajaran yang menerapkan interaksi kelompok teman sebaya. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang di dalamnya siswa bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan khusus atau menyelesaikan sebuah tugas. Dalam model pembelajaran ini nampak adanya komponen-komponen utama dari pembelajaran kooperatif merupakan bagian integral dari setiap model pembelajaran kooperatif.
Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
Berikut ini beberapa Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Menurut para Ahli:
  • Model Pembelajaran Kooperatif Menurut Slavin: Model pembelajaran kooperatif adalah model yang mengajaka siswa belajar bersama, saling menyumbangkan pikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu dan kelompok.
  • Model Pembelajaran Kooperatif Menurut Damon dan Phelps: Model pembelajaran  kooperatif merupakan salah satu jenis strategi pembelajaran yang menerapkan interaksi kelompok teman sebaya.
  • Model Pembelajaran Kooperatif Menurut Eggen and Kauchak: Pembelajaran kooperatif merupakan sebuah kelompok strategi pengajaran yang melibatkan siswa bekerja secara berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.
  • Model Pembelajaran Kooperatif Menurut Sunal dan Hans: Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative learning) merupakan suatu cara pendekatan atau serangkaian strategi yang khusus dirancang untuk memberi dorongan kepada peserta didik agar bekerja sama selama proses pembelajaran.
  • Model Pembelajaran Kooperatif Menurut Stahl: Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative learning) dapat meningkatkan belajar siswa lebih baik dan meningkatkan sikap tolong menolong dalam perilaku sosial”.
  • Model Pembelajaran Kooperatif Menurut Kauchak dan Eggen dalam Azizah: Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative learning) merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja secara kolaboratif dalam mencapai tujuan.
  • Model Pembelajaran Kooperatif Menurut Djajadisastra: Metode belajar kelompok merupakan suatu metode mengajar dimana murid-murid disusun dalam kelompok-kelompok waktu menerima pelajaran atau mengerjakan soal-soal dan tugas-tugas.
Sekian uraian tentang Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Menurut para Ahli, semoga bermanfaat. 

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.