Mengenal Pengertian Komputer (Computer)

Komputer berasal dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (dalam Bahasa Inggris to compute dengan arti yang sama). Komputer adalah alat elektronik atau mesin yang dapat diprogram untuk menerima data dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna. Pengolahan data menggunakan komputer dikenal pula dengan istilah Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Elektronic Data Processing (EDP). Agar dapat digunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna, suatu sistem komputer harus mempunyai elemen yang terdiri atas perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia (Humanware/brainware).  

Pengertian Komputer
Perangkat keras komputer (hardware) adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Perangkat lunak komputer (software) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melaksanakan pengolahan data. Perangkat lunak ini terdiri dari tiga jenis/bagian yaitu:
  • System software atau biasa disebut dengan sistem operasi (operating system) yang mengontrol cara kerja komputer. Seperti mengatur konfigurasi dan mengontrol penggunaan memory komputer, monitor, disk drive, keyboard, mouse, printer, dan lain-lain. 
  • Application Software, mencakup program aplikasi yang dirancang untuk keperluan dan maksud tertentu dan paket program aplikasi yang sifatnya umum untuk berbagai keperluan kerja sehari-hari.
  • Perangkat lunak yang berisi elemen-elemen kedua kategori di atas, yaitu bahasa pemrograman (programming language) dan program aplikasi bantu untuk mengoptimalkan pemakaian perangkat keras (system utility).
Manusia (humanware/brainware) adalah orang yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Brainware ini dapat terdiri dari; Computer Operator, yaitu bertugas untuk pengoperasian komputer secara keseluruhan; Data Entry Operator, bertugas untuk pemasukan (input) data; Librarian, bertanggung jawab atas penyimpanan dan pengorganisasian file dan program; Computer Programmer, bertugas untuk pembuatan program berdasar spesifikasi dari system analyst; Network manager (system manager), bertanggung jawab atas kelancaran sistem jaringan komputer secara keseluruhan; System analyst, bertanggung jawab untuk perancangan sistem informasi secara keseluruhan; dan Chief Information Officer, biasa juga disebut Manager Departement Sistem Informasi.

Sekian uraian tentang Mengenal Pengertian Komputer, semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.