Pengertian Manajemen Menurut para Ahli

Pengertian Manajemen Menurut para Ahli | Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan usaha anggota dalam organisasi. Manajemen memaksimalkan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kata manajemen berasal dari bahasa Italia maneggio dan bahasa Latin maneggiare yang berarti "mengendalikan kuda". Pada perkembangannya, istilah manajemen banyak digunakan untuk mengendalikan dan mengatur suatu kinerja organisasi. Selain itu, menarik juga untuk memperhatikan pendapat para ahli tentang manajemen. Seperti apa pengertian manajemen menurut mereka? Silahkan anda temukan uraiannya dalam postingan ini.

Pengertian Manajemen Menurut para Ahli
Pengertian Manajemen
Berikut ini pengertian manajemen yang pernah diungkapkan oleh beberapa ahli:
  • Menurut Prajudi Atmosudirdjo: Manajemen merupakan menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.
  • Menurut Sondang P. Siagian: Manajemen merupakan kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
  • Menurut Karnadi Wargasasmita: Manajemen merupakan mengatur, mengurus, memimpin, dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.
  • Menurut Manullang: Manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, serta pengawasan (pengontrollan) sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Menurut The Liang Gie: Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan-tindakan dalam usaha kerja sama manusia sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.
  • Menurut Henry Fayol: Manajemen adalah suatu proses yang terdiri atas kegiatan merencanakan mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia, dan mengadakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.
  • Manajemen Menurut George R. Terry: Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengadakan pengendalian melalui kegiatan orang lain dalam rangka mencapai suatu tujuan.
  • Menurut Jhon D. Millet: Manajemen adalah satu kesatuan proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas-fasilitas kerja terhadap orang-orang yang tergabung dalam organisasi untuk mencapai tujuan.
  • Menurut Harold Koontz dan Cyrill O'Donnell: Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain.
Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seorang manajer membutuhkan sarana manajemen yang disebut dengan unsur manajemen. Menurut Manullan (1992), unsur manajemen tersebut, meliputi:
  • Manusia (Man): manusia adalah sarana utama setiap manajer untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Berbagai aktivitas yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan memerlukan sumber daya manusia.
  • Material (Material): Dalam proses pelaksanaan kegiatan, manusia menggunakan material atau bahan-bahan. Oleh karena itu, material dianggap pula sebagai alat atau sarana manajemen untuk mencapai tujuan.
  • Mesin (Machine): Dalam kemajuan teknologi, manusia bukan lagi sebagai pembantu mesin seperti pada masa lalu, sebaliknya mesin telah berubah kedudukannya menjadi pembantu manusia.
  • Metode (Method): Untuk melakukan kegiatan secara berdaya guna dan berhasil guna, manusia dihadapkan kepada berbagai alternatif metode atau cara melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, metode atau cara dianggap sebagai sarana atau alat manajemen untuk mencapai tujuan.
  • Uang (Money): Uang sebagai sarana manajemen harus digunakan sedemikian rupa agar tujuan yang diinginkan tercapai. Kegagalan atau ketidaklancaran proses manajemen sedikit banyak dipengaruhi oleh pengelolaan keuangan.
  • Pasar (Markets): Bagi badan yang bergerak di bidang industri sarana manajemen penting lainnya adalah pasar. Tanpa adanya pasar bagi hasil produksi, jelas tujuan perusahaan industri tidak mungkin tercapai. Salah satu masalah pokok bagi suatu perusahaan industri adalah minimal mempertahankan pasar yang sudah ada.
Sekian materi tentang Pengertian Manajemen Menurut para Ahli. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Jika anda ingin menemukan artikel tentang manajemen yang lainnya silahkan mencari di google.co.id atau google.com. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Sulandri, Agustin. 2013. Buku Ajar Ekonomi untuk SMA/MA. Yogyakarta: Citra Pustaka.

Popular posts from this blog

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.