Pengertian Akuntansi Menurut para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut para Ahli | Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Dalam pengertian yang lebih lengkap, akuntansi adalah suatu seni mencatat, mengklasifikasikan, dan meringkas data keuangan dengan cara tertentu untuk mendapatkan informasi yang bersifat keuangan, yang dibutuhkan suatu organisasi agar dapat beroperasi secara efisien, mengetahui hasil kerja selama ini, dan merencanakan kegiatan ke depannya agar lebih baik. Definisi akuntansi sudah banyak sekali dibicarakan oleh para ahli akuntansi yang mendefinisikan istilah dari akuntansi dengan pendapatnya masing-masing, namun mengandung makna yang sama.
Pengertian Akuntansi Menurut para Ahli
Pengertian Akuntansi
Berikut ini beberapa Pengertian Akuntansi dari para Ahli:
  • Menurut Kieso: Akuntansi adalah pengindentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi keuangan tentang entitas ekonomi kepada pemakai yang berkepentingan.
  • Menurut Warren dkk: Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan”.
  • Menurut Littleto: Tujuan utama dari akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.”
  • Menurut Accounting Principle Board Statement No. 4: Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk memberikan informasi kuantitatif, umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, yang digunakan dalam memilih di antara beberapa alternatif.
  • Menurut American Accounting Association (AAA): Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, pelaporan, dan pengukuran informasi ekonomi yang memungkinkan adanya pengambilan keputusan yang jelas oleh mereka yang menggunakan informasi keuangan tersebut.
  • Menurut ABP Statement No. 4: Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa. Fungsinya adalah menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam menetapkan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.
  • Menurut Suparwoto L: Akuntansi adalah suatu system atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern disini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.
  • Menurut AICPA: Akuntansi adalah seni pencatatan, pengelolaan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter, transaksi yang umumnya bersifat keuangan termasuk penafsiran hasil-hasil.
Sekian uraian tentang Pengertian Akuntansi Menurut para Ahli, semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Pengertian Firma: Apa itu Firma?

3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Kliksaya.com, Dari Lelucon Menjadi Penyelamat.